18 Juli 2011

Cara Mengganti Port SSH


hallo ,
ketemu lagi shadows
moga ga bosen ya sama shadows..hehehe

ok kali ini ingin share bagaimana merubah port SSH pada linux .
mungkin hanya sedikit yang bisa shadows bagi ke pada kawan-kawan blogger semua.

langsung aja ya .
apa itu SSH ?
Definisi SSH adalah Secure Shell atau SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. Terutama banyak digunakan pada sistem berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun shell, SSH dirancang sebagai pengganti Telnet dan shell remote tak aman lainnya, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya mudah untuk dicegat. Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti Internet.

SSH menggunakan kriptografi kunci publik untuk mengotentikasi komputer remote dan biarkan komputer remote untuk mengotentikasi pengguna, jika perlu. SSH biasanya digunakan untuk login ke mesin remote dan mengeksekusi berbagai perintah, tetapi juga mendukung tunneling, forwarding TCP port dan X11 connections; itu dapat mentransfer file menggunakan terkait SFTP atau SCP protocols. SSH menggunakan klien-server model. Yang standar TCP port 22 telah ditetapkan untuk menghubungi server SSH. Sebuah klien program SSH ini biasanya digunakan untuk membangun koneksi ke SSH daemon untuk dapat diremote. Keduanya biasanya terdapat pada sistem operasi modern, termasuk Mac OS X, Linux, FreeBSD, Solaris dan OpenVMS. Tersedia versi berpemilik, freeware dan open source untuk berbagai tingkat kerumitan dan kelengkapan

saya rasa sudah jelas definisi tentang SSH yang di jelaskan di atas.
ok bagaimana kita merubah port SSH .

#1 . buka konsole/terminal linux anda (ctrl+alt T) atau putty bagi anda pengguna windows , masukkan username dan password anda

#2 . jalankan perintah di bawah ini pada konsole/terminal anda
nano /etc/ssh/sshd_config
atau
vi /etc/ssh/sshd_config
3. setelah masuk silahkan anda cari port #22 , lalu rubah 22 dengan port keinginan anda . contohnya 2222 . ingat sesuadah anda mengganti port 22 sesuai keinginan anda hapu tanda "#" di depan port anda sehingga menjadi seperti :

Port 22
#Protocol 2,1
Protocol 2
#AddressFamily any
#ListenAddress 0.0.0.0
#ListenAddress ::
4. selesai restart sshd_config dengan mengetikkan perintah :
/etc/init.d/sshd restart
5. beres dan silahkan scan port SSH yang anda rubah dengan aplikasi nmap/zenmap , dan lihat hasilnya port 22 anda closed dan tertutup .

note :
untuk masuk ke SSH gunakan port yang anda rubah tadi
ssh -p 2222 123.456.xxx

sekian yang bisa saya bagi .
semoga bisa bermanfaat bagi kawan2 semua

Salam Hangat
shadows

Tidak ada komentar: