1 . Hacker
HACKER adalah orang yang mengetahui seluk beluk tentang komputer , seperti jaringan ,hardware , software , dan sebainya.
Hacker di bagi menjadi 3 golongan :
* White Hat --> Hacker Baik
* Black Hat --> HACKER Jahat
* Grey Hat --> Hacker yang tergantung suasana , bisa jadi baik atau jahat

2 . Cracker

Cracker adalah musuh terbesar dan paling di musuhi di dunia Cyber , Cracker adalah perusak dan ingin semuanya secara gratis , mereka juga sering merusak jaringan dan membuat virus/worm/trojan yang ganas .

3 . Defacer
jangan kaget seandainya google di rubah tampilannya menjadi penguin yang lagi pup (tapi mustahil..orang satpamnya bejenggot semua)..hahahaa,kalo seandainya terjadi , mungkin banyak yang bilang kalo google abis di hack oleh hacker , itu semua salah besar yang mampu merubah tampilan web itu namanya Defacer dan tidak menutup kemungkinan Hacker juga mampu melakukannya .

4 . Phreaker
ini adalah orang cuma mau gratisan!!Banyak sekali di INDONESIA , mulai yang gratisan ber internetan ria tanpa lewat proxy atau sebagainya . sampe belanja pun bisa di grtaiskan oleh dia .

5 . Hacker Wanabe
Hacker Wanabe adalah sisi lain dari seorang Hacker . Hacker adalah orang yang cenderung tertutup dan Hacker Wanabe adalh orang yang cenderung terbuka . sepertinya tidak ada bedanya . namun Hacker Wanabe adalah orang yang ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain kalo dia HACKER.

6 . Script Kiddies
Tidak jauh beda dengan Hacker Wanabe namun Script Kiddies bisa di kategorikan sebagai user tools , mereka sering menggunakan tapi tidak bisa menciptakannya , bisa saja mereka merusak jaringan LAN namun menggunakan tools orang lain.

7 . Scammer
Scammer bisa di kategorikan sebagai pelaku Carding . Di Indonesia sendiri sempat booming sekitar tahun 2000-2005 yang menakal waktu itu Frauder atau Penipu..!!

8 . Newbie
Semuanya pasti sudah tau apa itu NEWBIE , mereka di kategorikan GREY area . bisa saja mereka menjadi penjahat baru di dunia maya , bisa juga menjadi satpam baru di dunia maya .

ok gan udah pada tau kan yang membedakan Hacker dan kawan - kawannya .
sekarang tinggal menilai sendiri dan tergantung dari setiap orangnya masing -masing .

kalo ane sendiri shadowsmaker ga ada di salah 1 daftar di atas ,
ane masuk di kategori pembuat bayangan aja dahh ..